mail@lppdjatim.org +6281235081926

Selayang Pandang

 

Kebijakan Umum dan Program Pembangunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur salah satunya adalah mengorientasikan pada peningkatan kualitas pendidikan pesantren melalui bantuan penyelenggaraan pendidikan tinggi. Hal ini mengingat bahwa kebijakan peningkatan mutu dan daya saing merupakan upaya serius dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Islam, sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. 

Terkait dengan kebijakan tersebut di atas, Pesantren sebagai bagian dari pendidikan Islam mempunyai posisi yang strategis. Hal ini tidak terlepas dari beberapa kenyataan: Pertama, pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai akar pengaruh yang kuat di masyarakat; Kedua, pesantren mempunyai warga  belajar  yang jelas  yang  menjadi objek  program;  Ketiga, pesantren memiliki sumber daya manusia yang dibutuhkan sebagai tenaga pengajar dalam penyelenggaraan program; keempat, pesantren juga memiliki sarana dan prasarana yang  dibutuhkan  dalam penyelenggaraan  program;  dan Kelima, pesantren mempunyai peran yang cukup kuat dalam komitmennya menegakkan nilai-nilai religiusitas, kebangsaan dan kemanusiaan.

Sehingga  potensi-potensi  yang ada  di  masyarakat pesantren  dapat diberdayakan dengan baik, yang pada gilirannya lembaga pesantren yang telah berdiri ratusan  tahun  ini akan tetap  eksis  sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pengembangan masyarakat (community development) yang akan memberikan kontribusi signifikan di tengah masyarakat.

Menyadari ini semua, maka Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indarparawangsa, melalui pemerintah provinsi Jawa Timur memberikan mandat pada Lembaga Pengembangan Pesantren dan Diniyah (LPPD) untuk mengelola dana pendidikan yang difokuskan pada pemberian afirmasi studi lanjut jenjang pendidikan tinggi pada masyarakat pesantren di jawa Timur. Misi ini diwujudkan dengan penyelenggaraan Bantuan Beasiswa Santri Pondok Pesantren (BSPP) Jawa Timur untuk Program S1 ke Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, Beasiswa Ma’had Aly baik Marhalah Ula (setara S1) dan Marhalah Tsani (setara S2), serta program beasiswa bagi guru diniyah Program Sarjana (S1) dan Magister (S2), sekaligus beasiswa Doktor (S3) bagi dosen di perguruan tinggi berbasis pesantren.

Hubungi Kami ?